Talkshow Program Kreatifitas Mahasiswa, Rektor Harap Tahun Ini Kirim 40 Proposal Penelitian


Ditulis oleh Hizra Marisa, pada : 04 Agustus 2016 13:50:00 WIB


UNIVRAB - Ruang leadership  lantai I gedung  shalahudin Al-Ayubi  Kamis (04/08). Bidang Kemahasiswaan UNIVRAB  mentaja kegiatan Talkshow dan seminar setengah hari berkenaan dengan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Kegiatan yang dimulai pagi Kamis itu mengusung tema “Apa Itu PKM?”.  Mengundang bapak Dr Iwantono MSc Wakil Dekan III FMIPA Universitas Riau (UR) sebagai pembicara. Pria yang akrab dipanggil dengan Iwan ini menyampaikan materi dan pengalaman membimbing PKM di UR secara santai dan penuh canda.

Iwan mengawali persentase dengan memberikan menjelaskan dua pembagian pengelompokan PKM (kompetisi dengan mengajukan proposal dan yang tidak mengunakan proposal -red). Kemudian dilanjutkan berbagi tips menetapkan ide penelitian untuk mahasiswa. Tips memilih topik yang menarik untuk membuat proposal  mahasiswa aplikatif, sesuatu yang baru dan berguna atau bermanfaat, spesifik, sifatnya lokal, topik yang lagi tren dan bisa dilakukan, data mudah didapatkan, ujar Irwan.  Untuk mencari apa yang tren ikuti terus informasi yang berkembang yang menjadi isu nasional, contoh di Riau tentang kebakaran Hutan dan sawit, lanjut Irwan memberikan contoh.

PKM tidak mudah dan perlu keseriusan dari dosen dalam membimbing mahasiswa. Sangat jarang mahasiswa yang betul-betul serius dengan kesadaran dalam kegiatan ini jadi pembimbingan dosen memiliki peran penting, Irwan berbagi pengalaman. Membimbing mahasiswa akan membuat dosen menjadi lebih baik dilihat dari sisi membimbing penelitiannya.

Pengalaman dilapangan yang ditemukan, mahasiswa sering tidak bisa menuliskan latar belakang, parameternya tidak terukur dan hipotesanya punya hubungan dan terkait dengan masalah yang diteliti. Tujuan penelitian yang didapatkan menjadi hal yang harus diperhatikan, referensi harus update lima tahun terahir. Konsep dasar ini menjadi nilai ilmiahnya menjadi akan berkurang dalam penilaian, sehingga penelitian menjadi tidak lulus. Sebagai dosen pembimbing dosen harus mencermati hal ini dengan baik sehingga penelitian yang dihasilkan bisa lulus, jelas Irwan dengan senyum.

Lebih lanjut dosen Fisika FMIPA UR ini berbagi trik untuk meningkat minat mahasiswa dalam membuat penelitian. Langkahnya memberikan motivasi pada mahasiswa. Sosialisasikan dengan baik sehingga mahasiswa betul-betul memahami dan berpengetahuan apa yang yang dilakukan. Terahir, Universitas memberikan wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan kreatifitas penelitianya. Sehingga setiap hambatan yang temukan mahasiswa bisa diberikan solusi.

Acara dengan peserta dosen-dosen UNIVRAB dibuka langsung Rektor UNIVRAB Dr Arisman Adnan MSc.  Dalam sambutannya, Arisman manyampaikan pentingnya keikutsertaan  UNIVRAB disemua program Dikti.

"Selain menambah ilmu dan pengetahuan bagi mahasiswa, keaktifan UNIVRAB dalam program DIKTI akan mendukung dalam meningkatkan nilai akreditasi  kampus", Ujar Arisman. Ketika akreditasi meningkat maka jumlah mahasiswa akan bertambah, akreditasi saat ini menjadi pertanyaan pertama yang ditanyakan saat siswa memilih jurusan, lanjut Arisman.

Guna  meningkatkan  karya mahasiswa UNIVRAB dalam penelitian, Arisman tantang Kepala Bagian Kemahasiswaan UNIVRAB untuk bisa mendorong mahasiswa melakukan penelitian ditahun  depan.

"Minimal mahasiswa kita bisa mengirim 40 proposal penelitian", ucap dosen statistik itu.

Saat ditemui setelah acara, kepala  bagian Kemahasiswaan UNIVAB Edison ST, menuturkan dengan terselenggaranya acara ini bisa menjadi  pembuka jalan untuk meningkatkan keikutsertaan dosen pembimbing dan mahasiswa dalam program PKM 2016.

"Kita adakan acara ini semoga bisa membuka wawasan para dosen tentang PKM dan semoga menjadi pemicu semangat bagi dosen. Kita sudah lihat tadi para dosen sudah banyak berbagi pengalaman dan masalah yang dihadapi dilapangan dengan pembicara", Jelas Edison.

Pria alumni Fakultas Teknik UR tersebut berharap semoga penelitian mahasiswa UNIVRAB nantinya  bisa mencapai Pekan ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ditahun 2017, Edison menutup pembicaraan.***(Ken-HUMAS UNIVRAB)

Berita Lainnya
08 Desember 2016 08:00:00 WIB

UNIVRAB Berpartisipasi Aktif Dalam Kegiatan Hari Anti Korupsi Internasional 2016

UNIVRAB -Provinsi Riau dipercaya akan menjadi tuan rumah Hari Anti

12 Mei 2016 20:11:09 WIB

Motivasi Para Guru SMA Agar Meneliti, UNIVRAB Laksanakan Pelatihan PTK

UNIVRAB -Sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri

23 Mei 2016 14:48:25 WIB

Indahnya Pacaran Setelah Menikah

UNIVRAB -Kamis (19/06) gedung Medicina ruang serbaguna lantai IV UNIVRAB.