Pangkalan Data Harus Update dan Akurat


Ditulis oleh Hizra Marisa, pada : 07 April 2016 18:45:07 WIB


UNIVRAB -  Ruang student center Gedung Thariq Bin Ziyad lantai I UNIVRAB, Selasa (05/04). Terlihat dosen-dosen UNIVRAB duduk berkelompok-kelompok berdasarkan program studi. Penjaminan Mutu UNIVRAB mengadakan Bimbingan Teknis Penjaminan Mutu untuk meningkatkan Akreditasi Prodi UNIVRAB. Unit jaminan mutu UNIVRAB berkerjasama dengan Direktorat Penjaminan MUTU, DITJEN BELMAWA Kementrian riset dan Pendidikan Tinggi.

Acara dimulai setelah sholat zhuhur dibuka oleh rektor UNIVRAB Dr Arisman Adnan MSc. Pada sambutan pembukaan Arisman menyampaikan penjaminan mutu sangat penting kerna berkaitan dengan akreditasi prodi dan institusi. Sistem penjaminan mutu internal (SPMI) yang berjalan dengan baik disuatu institusi akan membuat peningkatan dari mutu pembelajaran dan output (lulusan, red) mahasiswa yang dihasilkan Universitas.

“Belajar dari pengalaman kita (UNIVRAB, red) akan mengeluarkan dan energi yang sangat saat dekat masa akreditasi dilakukan, sehingga hal ini akan menguras tenaga yang besar dan cendrung hasilnya akan kurang maksimal”, Arisman berbagi pengalaman yang pernah ditemukan. Bapak satu anak ini mengungkapkan persoalan penjaminan mutu adalah kegiatan sehari-hari dalam dunia pendidikan yang dilakukan namun tidak  terdokumentasi dengan baik. Penjaminan mutu menuntut para dosen untuk memberikan perkuliahan yang baik. 

Pria yang dilantik menjadi rektor UNIVRAB tahun 2015 lalu ini mengharapkan agar prodi bisa belajar dari pengalaman sehingga bisa meningkatkan akreditasi prodi minimal B. Arisman menyadari bahwa kondisi prodi hari ini banyak yang mengeluhkan persoalan infrastruktur rektorat terus berusaha untuk mengatasi persoalan infrastruktur secara berlahan.

“Walaupun bebagai hambatan yang ditemukan dalam proses ini tetapi kita tetap berjalan dan sehingga Univrab bisa bersaing dengan universitas lainnya”, Arisman memberikan motivasi. “Ini saat yang tepat dan silahkan manfaatkan dengan sebaik-baiknya”, Arisman menutup pembicaraan.

Menghadirkan pembicara Evawani SE Kasi kurikulum pada penjaminan mutu akademik ditjen BELAMAWA (pembelajaran dan Kemahasiswaan) kementrian riset dan dinas pendidikan tinggi, Prof Syafrani  dan Prof Dr Kusminarto. Eva mewakili tim kementrian riset dan teknologi dinas pendidikan tinggi dalam sambutannya mengatakan kedatangan ke UNIVRAB untuk berdiskusi dan memberikan bimbingan berkenaan dengan peningkatan jaminan mutu UNIVRAB. Eva berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan akreditasi program studi yang ada di UNIVRAB, tutur Eva.

“Mudah-mudahan prodi yang belum mendapat B setelah berdiskusi ini bisa menjadi B”, Ucap Eva. Munurut Eva untuk mendapatkan nilai B atau A yang perlu ditekankan adalah pada sistem pengawasan internalnya (SPMI), jika SMPI di UNIVRAB berjalan dengan baik maka akan sejalan dengan peningkatan mutu UNIVRAB, Jelas Eva.

Berbeda dengan Eva, Prof Syarani M.Si menuturkan selain peningkatan Mutu UNIVRAB harus memperbaiki pangkalan data. Pangkalan data harus update dan akurat (sesuai dengan yang sesungguhnya, red). Jadi ketika asesor melihat dan bertanya sesuai dengan yang sebenarnya. Misalnya berkenaan dengan jumlah mahasiswa, jumlah dosen, jumlah mahasiswa yang diterima setiap tahunnya, jelas Syafrani. 

Lebih lanjut pria yang pernah menjabat menjadi rektor Universitas Lancang Kuning ini menyarankan UNIVRAB harus berciri khas. Hal ini lah yang membuat UNIVRAB memiliki perbedaan dengan Universitas lainya. ”buatlah sesuatu yang sederhana dan itu aplikatif (bisa dimanfaatkan masyarakat) dan itu daya tarik bagi UNIVRAB untuk menarik minat masyarakat kuliah di UNIVRAB”, jelas Syafrani.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut dibagi dalam bentuk seminar dan pembimbingan serta evaluasi borang yang telah dibuat oleh prodi. Husni Mubarok MSc mengungkapkan merasakan pentingnya bimbingan teknis tersebut. Ketua Prodi Teknik Sipil UNIVRAB lebih lanjut menuturkan “Saya jadi lebih paham dengan pelaksanaan pengisian borang dan menghadapi proses akreditasi”, jelas Husni. Semoga nantinya prodi di UNIVRAB bisa mendapatkan akreditasi yang lebih baik minimal B”, harap bapak dua anak ini.***(Ken - HUMAS UNIVRAB)

 

Berita Lainnya
09 Oktober 2016 10:11:54 WIB

Kuliah Umum Program Studi Teknik Informatika Hadirkan Dr Harris Simaremare

UNIVRAB -Ruangstudent centergedung Thariq bin Ziyad lantai I, Sabtu (08/10).

01 Desember 2016 11:33:05 WIB

United Students of International Relations Laksanakan Mubes Pertama

UNIVRAB - Para mahasiswa Program Studi (Prodi) Hubungan Internasional (HI)

09 Januari 2017 09:00:00 WIB

Tanda Cinta UNIVRAB Untuk Warga Pidie Jaya Aceh

UNIVRAB -Subuh di hari Rabu 07 Desember lalu. Peristiwa yang