Pelantikan Kepengurusan KM IP UNIVRAB: Dari Seruan BATUDIPI Hingga Penampilan StandUp Comedy


Ditulis oleh Hizra Marisa, pada : 26 Maret 2016 13:47:20 WIB


UNIVRAB - Student Center Thariq Bin Ziyad, Kamis (24/03). Ruangan lantai I gedung itu dipenuhi puluhan mahasiswa memakai jas coklat berlogo UNIVRAB. Secara umum mereka merupakan mahasiswa dari program studi (prodi) Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIVRAB.

Pagi itu akan dilaksanakan pelantikan kepengurusan Keluarga Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (KM IP) UNIVRAB periode 2015/2016. Acara dimulai pukul 09.15 WIB, diawali oleh sambutan ketua panitia pelantikan M Adriansyah. Sambutan kemudian dilanjutkan oleh ketua KM IP terpilih Afriadi.

“Terima kasih telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk memimpin KM IP satu tahun kedepan”, ucap Afriadi mengawali sambutan. “Semoga kita bisa berkerjasama dan memberikan kritikan yang membangun demi kemajuan KM IP kedepan”, harap pria yang memiliki wakil Slamed Riadi ini.

Berbeda dengan Afriadi, M Zainuddin S.Ip MA Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan UNIVRAB, pada sambutannya memberikan motivasi kepada para mahasiswa yang hadir agar memanfaatkan KM IP sebagai wadah pembelajaran berorganisasi.

“Pembelajaran organisasi tidak didapatkan mahasiswa pada mata kuliah dibangku perkuliahan, berorganisasi akan membuat mahasiswa menjadi lebih mandiri”, tegas Zainuddin. Lebih lanjut pria yang akrab di sapa Zai ini mempersilahkan kepada mahasiswa untuk berinovasi dan membuat kegiatan dengan dasar tidak berbenturan bertentangan dengan visi kampus, jelas Zai.

 

Salah seorang Comica (StandUP Comedy) yang tengah beraksi berhasil memecah gelak tawa peserta (foto: Humas UNIVRAB)

 

Zai menambahkan bahwa kuncinya adalah koordinasi. Setiap kegiatan dikoordinasikan ke Ketua Prodi atau Dekan Fisipol, selama kagiatan itu positif maka ia yakin kampus akan menyetujui dan mendukung kegiatan tersebut, papar pria asal Kota Nopan Rokan Hilir ini. Mantan menteri Politik BEM UNRI tersebut menyarankan agar para mahasiswa mengadakan kegiatan dengan menjalin kerjasama dengan instansi luar UNIVRAB sehingga KM IP semakin dikenal masyarakat. Diakhir sambutannya, ia mengucapkan selamat pada kepengurusan KM IP yang baru terpilih semoga bisa melahirkan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIVRAB Alfajri S.Ip MIA dalam sambutannya diawali dengan berbagi pengalaman saat menjadi Presiden Mahasiswa Universitas Riau. Menyandang status sebagai mahasiswa, banyak hal yang bisa dilakukan. Pria yang memiliki hobi bermain futsal ini, berpendapat agar mahasiswa setidaknya memiliki aktifitas memiliki kemauan tinggi membaca, suka menulis, selalu berdiskusi dan peduli terhadap lingkungan. Alfajri menyebutnya BATUDIPI (BAca, TUlis, DIskusi, dan Peduli).

Mahasiswa yang peduli, harus memiliki respek terhadap lingkungan. Mahasiswa adalah agent of change. Mahasiswa yang akan mengontrol kebijakan pemerintah. Mana yang baik dan tidak baik buat masyarakat. Alfajri dihadapan pengurus dan mahasiwa undangan dari Ilmu Pemerintahan dari Universitas Riau, Ilmu Pemerintahan Universitas Islam Riau dan Universitas Lancang Kuning pada hari tersebut menyarankan agar peserta bisa mendengarkan makna perjuangan melalui lirik lagu mahasiswa sebagai berikut:

 

Kepada para mahasiswa yang merindukan perubahan

Kepada rakyat yang kebingungan dipersimpangan jalan

Wahai kalian yang rindu kebenaran

Wahai kalian yang turun kejalan

Demi mempersembahkan jiwa dan raga

Demi negeri tercinta....

 

Lagu tersebut punya pesan yang dalam terhadap perjuangan mahasiswa. “Mahasiswa atau Pemuda hari ini adalah pemimpin adalah pemimpin masa depan. Nasib bangsa kedepan ditentukan oleh generasi hari ini”, jelas pria yang akrab dengan panggilan Fajri ini.

Latih dan tanamkan dalam diri sifat disiplin, jujur dan komitmen terhadap kegiatan-kegiatan yang positif, tutur Fajri. Diakhir sambutan Fajri mengajak mahasiswa untuk berorganisasi karena berorganisasai tidak akan membuat nilai jelek, tapi akan membuat waktunya lebih menjadi lebih efektif. “Jadikan KM IP sebagai wadah pembelajaran untuk mengembangkan potensi yang dimiliki”, tutup Fajri.

Setelah sambutan Alfajri dekan Fisipol UNIVRAB lansung melantik kepengurusan KM IP periode 2015/2016 dilangsungkan penantanganan berita cara pelantikan. Kemeriahan acara pelantikan KM IP dimeriahkan oleh 3 Komika Riau yang pernah tampil di TV Nasional.

Dua diantara tiga komika adalah Zurahmi pernah tampil disalah satu acara  stand up Metro TV, David Salam stand up yang pernah tampil di KOMPAS TV dan Jackson. Penampilan 3 komika menarik perhatian dan pecahnya tawa audiens yang ada diruangan berkapasitas 300 orang tersebut.***(Ken - HUMAS UNIVRAB)

Berita Lainnya
13 Maret 2016 10:55:17 WIB

Adel Zamri: Tugas Dosen Mengembangan Ilmu Pengetahuan dan Melaksanakan Penelitian Ilmiah

UNIVRAB - Kamis (10/03) yang lalu, bagian hukum, umum dan

06 Desember 2016 10:00:00 WIB

Prodi Fisioterapi UNIVRAB Laksanakan Pelatihan NMT for Student Pertama di Asia

UNIVRAB -Pada hari Senin (05/12) telah dilaksanakan pelatihan Neuromukuler Taping

09 September 2016 14:05:00 WIB

Para Kabag dan Manajemen UNIVRAB Diskusi tentang SOP

UNIVRAB - Standard Operating Procedure(SOP) merupakan bagian penting dalam sebuah